Sabtu, 10 Mei 2014

Jurus meyakinkan Orang Tua mu

Setalah UN terlewati, lagi-lagi kamu disibukkan untuk mendaftar sekolah lanjutan. Nah, ada yang berencana sekolah di SMA atau SMK di luar kota tapi belum dapat ijin dari orang tua? Nggak usah bete, karena semua orang tua pasti akan mengkhawatirkan anaknya, apalagi terhadap anak perempuannya. Saat tinggal serumah saja kita dijaga sepenuh hati, lalu bagaimana kalau kita harus hidup sendiri di kota atau negara lain? Hmm, nggak ada salahnya kalau kita mencoba jurus meyakinkan orang tua ini:  

Jelaskan kelebihan atau manfaat kalau kita sekolah di luar kota:
• Berpisah dengan orang tua akan membuat kita mau nggak mau terpacu menjadi mandiri.
• Kita jadi punya kesempatan untuk mempelajari budaya dari kota tempat kita belajar. Belum lagi kalau ternyata teman kita berasal dari berbagai daerah, jadi makin ‘kaya’ pengetahuan, deh.  

Tunjukkan bahwa kita serius dan benar-benar ingin sekolah di sana:
• Saat berbicara dengan orang tua, sebaiknya kita sudah menyiapkan data tentang sekolah yang kita inginkan. Cari info selengkapnya tentang bagaimana pengajarnya dan mata pelajarannya.
• Siapkan juga rencana kita untuk tinggal di kota baru itu. Misalnya: mengumpulkan list teman yang mempunyai kota tujuan sama dan list dari tempat kost/apartment yang bisa kita tinggali.
• Sampaikan niat untuk membantu meringankan biaya yang harus dikeluarkan orang tua. Misal: dengan berusaha mencari beasiswa.  

Cari dukungan dari guru atau orang terdekat:
 • Minta tolong pada guru untuk menjelaskan ke orang tua, manfaat yang bisa kita dapat kalau masuk ke sekolah yang kita inginkan.
• Kumpulkan informasi positif atau cerita pengalaman dari saudara atau teman yang sedang bersekolah di tempat yang kita tuju.

 sumber:


 

0 komentar:

Posting Komentar